Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Sistem Kardiovaskular Bersama SehatQ

SehatQ merupakan sebuah platform yang bertujuan menjadi asisten kesehatan bagi pembacanya yang memiliki laman sehatq.com. Selain menyajikan informasi kesehatan yang jelas dan kredibel SehatQ juga menyediakan platform komunitas bagi penggunanya untuk saling berbagi dan terhubung dengan tenaga medis atau penyedia layanan kesehatan.

Salah satu artikel yang menarik dari website SehatQ adalah mengenai sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular merupakan istilah lain dari sistem peredaran darah manusia. Satu hal yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Photo by Roger Brown from Pexels

Tentu perlu bagi kita untuk mengetahui setidaknya secara garis besar bagaimana sistem peredaran darah manusia bekerja. Dengan memahami bagaimana darah dialirkan pada tubuh maka diharapkan tumbuh kesadaran dalam diri kita untuk selalu bergaya hidup sehat. Artikel dari SehatQ tentang sistem peredaran darah manusia ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk mulai belajar.

Terdapat empat (4) poin utama yang SehatQ bahas dalam artikelnya tentang sistem peredaran darah. Mulai dari fungsi sistem peredaran darah itu sendiri, organ-organ yang berperan penting dalam sistem tersebut, mekanisme atau cara sistem itu bekerja, dan gangguan yang sering terjadi pada sistem peredaran darah serta efeknya pada kesehatan.

Pada artikel ini kami akan mengulas keempat poin tersebut secara ringkas agar bisa menjadi panduan bagi Anda untuk membaca dan memahami artikel selengkapnya pada website sehatq.com.

Mari kita mulai!

Secara fungsi sistem peredaran darah manusia tidak hanya bertujuan untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pada artikelnya, SehatQ menjabarkan fungsi lengkap dari sistem kardiovaskular tersebut. Mulai dari pengeluaran zat-zat sisa metabolisme sampai proses pemulihan cedera.

SehatQ menggunakan referensi dari The John Hopkins University untuk menjelaskan hal tersebut. John Hopkins University tidak diragukan lagi kredibilitasnya sebagai universitas berbasis riset yang berdiri sejak tahun 1876. Pendirinya, John Hopkins, merupakan salah satu peneliti tertua di Amerika Serikat.

Setelah pembahasan mengenai sistem peredaran darah, artikel SehatQ kemudian menjabarkan mengenai organ-organ dalam sistem peredaran darah. Terdapat tiga (3) organ penting dalam sistem ini, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah itu sendiri.

Tiap-tiap organ di atas mempunyai perannya masing-masing. Jika jantung merupakan ‘mesin’ pemompa maka pembuluh darah adalah salurannya. Terdapat tiga (3) jenis pembuluh darah dalam tubuh kita dengan peran berbeda-beda.

Darah merupakan ‘pemeran utama’ dalam sistem kardiovaskular. Kemampuannya mengangkut oksigen, nutrisi, hormon, dan antibodi menjadikkan peran darah sangat vital. Terdapat empat (4) komponen darah yang dijelaskan SehatQ pada artikelnya. Keempat komponen itulah yang membuat darah mampu menjalankan peran sebagai pengangkut zat-zat penting bagi manusia.

Bahasan berikutnya adalah mengenai mekanisme sistem peredaran darah. SehatQ dalam artikelnya menyebutkan bahwa terdapat dua (2) jenis sistem peredaran darah, yaitu sirkulasi pulmonal dan sistemik. Keduanya dibahas secara ringkas dalam artikel tersebut.

Satu hal yang menarik dari bahasan mekanisme sistem peredaran darah adalah SehatQ menyebut nama Ibnu an-Nafis sebagai orang pertama yang mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia secara akurat.

Bagi yang belum familier Ibnu an-Nafis merupakan ilmuwan serba bisa yang lahir di Damaskus pada tahun 1213. Ia menulis sebuah buku berjudul The Commentary on Anatomy di Canon Avicenna yang menceritakan gagasannya tentang sirkulasi pada paru-paru dan jantung. Ibnu an-Nafis juga membuat sebuah ensiklopedi medis terbesar saat itu yang berjudul The Comprehensive Book of Medicine.

Bagian terakhir dalam artikel mengenai sistem kardiovaskular adalah mengenai gangguan-gangguan yang kerap terjadi pada sistem tersebut. Disebutkan bahwa gangguan pada sistem kardiovaskular menyebabkan beberapa penyakit.

Setelah membaca secara lengkap artikel sistem peredaran darah dari SehatQ maka diharapkan kita bisa lebih aware dengan kesehatan. Laman sehatq.com menyediakan berbagai jenis layanan yang memudahkan kita untuk selalu sehat. Mulai dari chat dengan Dokter, informasi produk atau toko kesehatan, informasi obat, informasi tindakan medis, informasi rumah sakit, dan lainnya. Semua itu terangkum dalam satu website sehatq.com.

Akhir kata sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi badan. Terlebih lagi di masa pandemi. SehatQ bisa menjadi salah satu alternatif solusi bagi kita yang ingin selalu menjaga kesehatan. Salam.