Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja di Kantor Pajak

cara melamar kerja di kantor pajak

Halo Bro dan Sis semua! Berdasarkan pengalaman saya bekerja di kantor pajak ada beberapa orang yang bertanya cara melamar atau bekerja di kantor pajak. Artikel kali ini akan membahas cara bekerja di kantor pajak.

1. Memasukkan Lamaran Kerja Langsung

Bila Bro dan Sis tertarik untuk bekerja di kantor pajak sebagai tenaga kebersihan (cleaning service) atau tenaga keamanan (satpam) maka bisa memasukkan lamaran ke Bidang/Seksi Umum dan Kepatuhan Internal Kantor Pajak. Tidak semua kantor pajak memakai pihak ketiga untuk menyediakan tenaga kebersihan dan tenaga keamanan.

2. Mendaftar STAN

STAN kependekan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Bila Bro dan Sis lulusan SMA sederajat dan bercita-cita bekerja di kantor pajak maka STAN adalah pilihan yang tepat. Sebagian besar lulusan STAN bekerja di Kementerian Keuangan, salah satu penempatan instansinya adalah Direktorat Jenderal Pajak alias kantor pajak.

3. Mendaftar CPNS Kementerian Keuangan

Bila Bro dan Sis sudah kuliah di tempat lain (bukan di STAN) masih bisa kok kerja di kantor pajak. Kementerian Keuangan biasanya membuka lowongan penerimaan pegawai untuk lulusan D3 atau S1. Jika Bro dan Sis mendaftar dan lulus maka bisa jadi akan ditempatkan di kantor pajak.