Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Website IDAI: Dari Tahap Perkembangan Bayi Sampai Ruam Popok

Ruam Popok Bayi

Salah satu website menarik yang menyajikan rujukan mengenai tahap perkembangan bayi dengan kredibel adalah idai.or.id. Website tersebut merupakan website resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Artikel-artikel pada website tersebut ditulis oleh profesional di bidang kesehatan anak. Bahasan tulisannya beragam, mulai dari tahap perkembangan bayi sampai tips praktis mengatasi masalah-masalah yang sering timbul pada anak, misalnya cara mengatasi ruam popok pada bayi.

Selain ditulis oleh profesional, sumber rujukan yang menjadi bahan artikel juga valid. Tidak jarang tulisan merujuk pada artikel atau jurnal terbitan luar negeri. Beberapa artikel bahkan pernah dimuat di media massa nasional.

Artikel mengenai pentingnya memantau tahap perkembangan bayi 1000 hari pertama adalah salah contoh satu tulisan yang menarik pada website idai.or.id. Tulisan tersebut bersumber dari Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014.

Artikel tersebut menyoroti pentingnya bagi setiap orang tua untuk memantau tahap perkembangan bayinya terutama untuk anak di bawah usia 2 tahun. Hal ini disebabkan karena menurut riset yang dilakukan pada tahun 2013 diketahui bahwa angka kejadian anak pendek akibat masalah gizi di Indonesia sebesar 37,2 %. 

Bagaimana cara pemantauan tahap perkembangan bayi dan apa saja yang perlu dipantau bisa Anda baca selengkapnya di website tersebut.

Artikel lain yang tidak kalah menarik adalah mengenai cara mengatasi ruam popok. Bagi Anda yang sudah memiliki anak tentu sudah akrab dengan masalah ruam popok ini. Bagi yang belum tahu, ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi yang tertutup popok.

Ternyata terdapat 5 cara mengatasi ruam popok pada bayi ini. Berdasarkan beberapa rujukan dari buku dan artikel dari luar negeri, kelima cara tersebut adalah:

  1. Air Out: membiarkan area popok kering di udara terbuka 
  2. Barrier: mengoleskan krim pada area popok untuk melindungi kulit bayi
  3. Clean: segera mengganti popok yang kotor 
  4. Disposable Diapres: menggunakan popok sekali pakai
  5. Educate: memberi informasi cara mencegah berulangnya ruam popok

Edukasi mengenai cara mengatasi ruam popok ini sangat bermanfaat bagi setiap orang tua yang memiliki bayi. Kulit bayi sangat sensitif dan jika sampai terkena ruam tentu membuat bayi menjadi tidak nyaman. Jika bayi tidak nyaman dan gampang rewel tentu membuat sang bayi dan orang tuanya menjadi sulit beristirahat.

Masih banyak artikel lain dalam website ikatan dokter anak Indonesia yang menyajikan info praktis dan bermanfaat mengenai tahap perkembangan bayi/anak. Penting bagi orang tua untuk terus menambah ilmu tentang kesehatan bayi/anak. Apalagi saat ini dunia sedang diuji oleh virus yang akhirnya menjadi pandemi, Covid-19.

Pada websitenya Ikatan dokter anak Indonesia menyediakan berbagai pedoman terkait pencegahan dan penanganan virus Covid-19 pada anak dan remaja. Terdapat pula rekomendasi bagi orang tua terkait pembelajaran tatap muka dalam situasi pandemi ini.

Akhir kata semoga kita dan anak-anak kita selalu sehat. Salam.