Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencoba Kursus Brevet Pajak A/B Secara Online

kursus brevet pajak online
https://unsplash.com/@glenncarstenspeters
Terdapat banyak lembaga yang membuka kursus Brevet Pajak Terapan A/B. Antara lain:

  • Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), 
  • Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB Universitas Indonesia (UI), 
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gajah Mada (UGM), 
  • dan masih banyak lagi. 

Rata-rata kursus brevet perpajakan tersebut dilakukan melalui tatap muka (offline). Kursus brevet pajak secara online masih relatif jarang.

Biaya mengikuti kursus brevet pajak dengan tatap muka ternyata tidak murah (silakan cek di website masing-masing). Maka saat arkademi.com menawarkan kursus brevet pajak A/B online dengan tarif kurang dari satu juta rupiah kami di ulasanpajak.com tertarik. Apalagi arkademi.com mengklaim sertifikat yang dikeluarkan melalui kursus online ini diakui dan setara dengan sertifikat dari kursus pajak offline.


Kursus Brevet Pajak Terapan A/B online di arkademi.com merupakan kerjasama antara Flazztax dengan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Tax Center.

Terdapat 5 (lima) orang pengajar dalam kursus brevet pajak online tersebut, salah satunya Ajib Hamdani, SE. Ketua HIPMI Tax Center.

Materi pembelajaran kursus online ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab. Mulai dari Pengantar Hukum Pajak dan Sistem Pemungutan Pajak sampai eSPT dan eFilling.

Setiap bab terdiri dari beberapa sub bab yang berisi video tutorial dengan durasi rata-rata 9-10 menit. Pada setiap video terdapat pilihan kualitas video dan juga speed video. Video pada kursus brevet pajak A/B secara online ini tidak bisa diunduh. Setelah menyelesaikan satu video kita bisa melanjutkan ke video yang lain.
Apakah bisa klik langsung ke akhir video? Bisa.
Pada setiap akhir bab kursus brevet pajak online ini terdapat kuis bertipe benar-salah sebanyak 20 soal. Waktu yang diberikan 15 menit.

Nilai kuis akan langsung muncul saat kita melakukan submit. Nilai tersebut tidak berpengaruh terhadap kelulusan kursus brevet pajak online ini. Setiap siswa bisa mengulang kuis sampai 10 kali.
Saat mengulang apakah soal masih tetap sama? Ya, hanya urutan soal yang berbeda.


Ujian kursus brevet pajak terapan A/B online di arkedemi.com dilakukan setelah Bab 5 dan Bab 10.

Masing-masing ujian terdiri dari 60 soal dengan waktu 60 menit. Jenis soalnya pilihan ganda. Nilai minimal agar lulus ujian adalah 75 atau menjawab benar sebanyak 45 soal.
Jika tidak lulus peserta mempunyai 2 (dua) kali kesempatan untuk mengulang.
Apakah terdapat kisi-kisi? Ya, di awal kita akan mendapatkan simulasi soal ujian. Beberapa soal pada ujian mirip dengan soal dengan simulasi.

Jika mengulang apakah soalnya sama? Ya, soal sama hanya urutan yang berbeda.

Bagaimana caranya lulus ujian kursus brevet pajak online ini? Belajar. Dengan menyimak penjelasan dari mentor dan mengerjakan kuis di akhir bab maka akan mudah mendapatkan nilai minimal untuk lulus (45 soal benar).

Setelah selesai mengikuti semua video tutorial dan mengerjakan kuis dan ujian pada kursus brevet pajak A/B secara online ini kita akan langsung mendapatkan sertifikat kelulusan.
Sertifikat tersebut akan dikirimkan ke alamat peserta.
kursus brevet pajak online
Jangka waktu kursus brevet pajak online ini adalah 45 hari namun kita bisa menyelesaikannya dalam waktu 3-4 hari, bahkan mungkin lebih cepat.

Kursus brevet pajak terapan A/B secara online ini adalah kursus dasar untuk memahami perpajakan. Bagi peserta yang awam sekali tentang perpajakan bisa menjadi pintu masuk belajar pajak. Apalagi bisa mendapatkan sertifikat yang diakui dan setara dengan kursus pajak terapan A/B secara offline.

Bagi peserta yang memang sudah mempelajari pajak sebelumnya kursus ini bisa menjadi cara mudah, cepat, dan murah mendapatkan sertifikat kursus brevet pajak terapan A/B.

Beberapa catatan untuk Flazztax dan HIPMI Tax Center terkait kursus brevet pajak terapan A/B secara online di arkademi.com ini adalah:

  1. Pergunakan materi yang lebih eksklusif. Kami masih menjumpai beberapa materi merupakan materi publikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
  2. Masih terdapat banyak typo pada artikel kuis dan ujian. Beberapa soal menjadi membingungkan karena kesalahan seperti ini.
  3. Perbanyak contoh kasus pada saat pembahasan oleh pengajar agar tidak terlalu normatif atau text book pada saat memberi materi.

Pada akhirnya, kursus brevet pajak A/B secara online oleh flazztax dan HIPMI Tax Center di arkademi.com ini adalah sebuah alternatif yang layak dicoba. Kami tunggu kursus brevet pajak terapan C nya dengan konten dan yang lebih bagus dan eksklusif.


catatan : Artikel ini bukanlah kerjasama arkademi.com dengan ulasanpajak.com. Kami di ulasanpajak.com membayar dan mengikuti kursus brevet pajak terapan A/B untuk menuliskan artikel ini.