Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Undang-Undang Perpajakan Terpenting

Haloo Bro dan Sis! Kali ini saya akan membagikan tulisan tentang undang-undang perpajakan yang paling penting. Ketiga undang-undang di bawah ini merupakan dasar dari berbagai macam aturan perpajakan di Indonesia.

Bila Bro dan Sis menguasainya maka akan mudah untuk memahami Pajak Penghasilan (PPh) dan juga Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Oke, langsung aja!

1. Undang-undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP)
Undang-Undang KUP adalah Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 16 Tahun 2009. Undang-undang ini berisi aturan-aturan umum tentang pajak. Sebelum belajar pajak sebaiknya membaca dulu UU KUP ini.

2. Undang-undang tentang Pajak Penghasilan (UU PPh)
Undang-Undang PPh adalah Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 tentang sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 36 Tahun 2008. Berisi aturan dasar dari Pajak Penghasilan (PPh). Setelah UU KUP, jika ingin belajar lebih dalam tentang PPh saya sarankan Bro dan Sis membaca undang-undang ini.

3. Undang-undang tentang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN)
Undang-Undang PPN adalah Undang-Undang No. 8 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 42 Tahun 2009. Kalau undang-undang ini berisi tentang dasar-dasar PPN.



Ketiga undang-undang tersebut dapat Bro dan Sis download di sini. Silakan membaca!